Pages

Manajemen Pemasaran Barang dan Jasa


Kegiatan Manajeman Pemasaran Barang dan Jasa ( MPBJ ) dikhususkan pada :
A.        Merencanakan.
B.        Mengarahkan
C.        Mengawasi personal selling dan pelaku distribusi lainnya.
Syarat syarat manajemen pemasaran yang baik adalah :
1
Mencari orang yang tepat untuk melakukan pemasaran yang dipertimbangkan pada:
a.       Pekerjaan yang haraus dilakukan
b.       Keadaan barang yang harus dihasilkan
c.        Konsumen yang dituju
2
Mengadakan training untuk marketing staf baru dan penyegaran untuk  marketing staf yang lama.
3
Menyediakan perlengkapan pemasaran , misalnya dengan : sampelproduk, ,model / macam produk, yang dibagikan kepada konsumen secara cuma –cuma pada kunjungan yang pertama
4
Menetapkan Marketing area dengan mempertimbangkan faktor waktu dan beaya.
5
Menetapkan imbalan / balas jasa bagi marketing staf berupa :
a.       Gaji tetap
b.       Bonus
c.        Fee / komisi
d.       JHT
e.       Ja prod : jasa Produksi
f.        Memberikan supervise bagi marketing staf.
Sales manager perlu mengunjungi marketing area yang menjadi tanggung jawabnya, dengan mengadakan pertemuan langsung dengan para konsumen untuk mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan produk yang dihasilkan, dengan menerapkan strategi managerialnya.
6
Memelihara moral dan kepribadian staf.
Sales manager harus selalu berusaha membina mental dan terutama kepribadian marketing staf sebagai ujung tombak perusahaan, dengan mengadakan pendekatan kepada mereka, mendengarkan keluhan / kendala yang dihadapi staf nya.
 
Blogger Templates