Pages

Jenis-Jenis Akta Perjanjian


1
Akta dalam Perjanjian Charter

Persetujuan sewa-menyewa ruang kapal dituangkan dalam suatu piagam tertulis dinamai “Surat Perjanjian Charter (Charter Party). Jadi merupakan suatu akta mengenai perjanjian sewa-menyewa ruang kapal.

Dalam prakteknya ada contoh formulir yang lazim dipakai pihak yang berkempentingan yang mengadakan persetujuan sewa-menyewa ruangan Kapal (Standard Charter). Tetapi contoh tersebut berbeda dengan yang lain, sesuai dengan jenis barang yang diangkut.


Formulir untuk Time Charter berbeda dengan formulir Voyage Charter

-
Untuk time charter  tidak disebut jenis barang, namun harus barang sah  sesuai hukum. Hal ini disebabkan karena jenis charter ini, dititikberatkan pada lamanya kapal dicharter, sehingga tidak mungkin disebutkan jenis barang yang diangkut selama kurun waktu charter tersebut berlaku.

-
Untuk Voyage charter disebutkan jenis barang yang akan diangkut, karena jenis charter ini ditinjau dari aspek banyaknya barang yang akan diangkut, oleh karena itu  sangat perlu diketahui jenisnya.

2
Approved Document Time Charter

Formulir Time Charter merupakan approve documents, yaitu yang telah disetujui oleh Chamber Of Shipping (the Documentary Committee) ialah :

-
The Baltic and International Maritime Conference Uniform Time Charter (di London). Nama singkat atau kodenya adalah Baltime, yang mengutamakan kepentingan Ship Owner.

-
Time Charter Government Form, approved by the New York Produce Exchange (di New York). Nama singkatan atau kodenya ialah Produce, yang menyesuaikan diri dengan situasi  perdagangan serta mengikuti perkembangan perniagaan sehingga para Pedagang cenderung memilih dokumen ini.

3
Approved Document Voyage Charter

Formulir Voyage Charter yang merupakan approved document, yaitu yang telah disetujui oleh British Chamber of Shipping, juga oleh International Maritime Conference, Ialah :


a
Uniform General Charter Party, dengan nama kode Gencon.
Digunakan khusus untuk pengangkutan General Cargo (GC). Juga digunakan untul barang-barang yang belum ada approved documentnya.

b
Australia Grain Charter Party, dengan nama kode Austral
Digunakana untuk pengakutan grain (grandum) dari Australia ke seluruh dunia.

c
River Plate Charter Party, dengan mana kode Centrocon.
Digunakan untuk pengangkutan gandum, pada umumnya dari River Plate keseluruh dunia.

d
Ruler Fertilizer Charter 1954, dengan nama kode Rube.
Disamping ketiga jenis formulir diatas yang merupakan approved documents yang telah disahkan oleh British Chamber of Shipping and International Maritime Conference belakangan munculnya  jenis formulir pengangkutan rabuk dari Jerman Barat, yaitu document Ruhr Fertilizer Charter 1954.

e
Baltimore Berth Grain Charter Party (From C), dengan nama kode Baltimore From C-Charter.
Digunakan untuk pengangkutan gandum dari pantai Atlantic Amerika Serikat dan Canada ke segala penjuru dunia (not yet approved documents).

4
Akta perjanjian Charter Lain

Disamping adanyaperjanjian Standar Carrier, masih terdapat berbagai perjanjian  yang telah digunakan  (tetapi belum disahkan oleh Chamber Of Shipping), antara lain :

a
Java Sugar Charter (untuk pengangkutan gula dari Indonesia)

b
Cuba Sugar Charter (untuk pengangkutan gula dari Cuba)

c
Burma Rice Charter ( untuk pengangkutan beras dari Birma)

d
Baltimore Grain Charter or Baltimore Form C-Charter

e
Spain Ores Charter (Rio Tinto Form)

f
Narvik Ores Charter
 
Blogger Templates