Pages

Floppy Disk


Disket (cakram lentur) adalah media penyimpan data yang merupakan miniatur dari magnetic disk. Digunakan untuk computer mikro PC (personal computer). Pada floppy disk, jumlah tracks yang digunakan tergantung pada jenis computer bersangkutan. Disket lebih murah dari harddisk (cakram keras) yang terbuat dari plastik lentur dengan lapisan oxid besi.
Putaran disket tidak secepat harddisk. Pada saat membaca atau menulis data, media cakram akan bersentuhan dengan kepala rekaman  (head) pada kecepatan raih data berkisar puluhan milisecond.
Untuk floppy disk, akan dijumpai sebuah lubang  segi empat yang letaknya di pinggiran floppy disk. Lubang ini berguna untuk melindungi data yang ada pada floppy disk agar tidak hilang, yaitu dengan menutup lubang tersebut.
Floppy disk diperkenalkan sekitar tahun 1970 oleh IBM (International Business Machine), yang memperkenalkan 8740 data entry system yang terbuat dari bahan plastik mylar, yaitu plastik tipis yang dilapisi bahan magnetik dan lapisan iron oxide diatasnya sehingga sehingga dapat berfungsi untuk merekam data. Lebih dikenal dengan nama disket dan mempunyai daya penggerak sekitar 300rpm.
Berikut beberapa jenis ukuran diameter floppy disk
-
Disket 8 inci lebih banyak digunakan pada computer mini dan mainframe. Memiliki kapasitas 5,5 Mb
-
Disket 5 1/4 inci tipe double density (DD) berkapasitas 360 Kb, dan high density (HD) berkapasitas 1,2 Mb
-
Disket 3 1/2 inci tipe double density (DD) berkapasitas 720 Kb, dan high density (HD) berkapasitas 1,44 Mb dan 2,88 Mb
 
Blogger Templates